Beranda > Sistem Informasi, Teknologi > Jenis-Jenis Sistem Informasi

Jenis-Jenis Sistem Informasi

sistem-informasi-akuntansiSistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam Sistem informasi dikenal dengan kelompok (cluster) dan klasifikasi untuk membedakan satu sama lain. Ada Berbagai cara untuk mengelompokkan sistem informasi, klasifikasi secara umum dipakai antara lain berdasarkan Level Organisasi, Area Fungsional, Dukungan Yang tersedia, Aktivitas Manajemen dan Arsitektur Sistem.

Selain dari 5 cluster diatas sering juga dijumpai Sistem Informasi Strategis dan Sistem Informasi Geografis. Dari kelima itu akan dibagi lagi menjadi bagian-bagian terkecil dari sistem informasi yang biasanya dapat ditemui pada Mata Kuliah atau bidang keilmuan salah satunya adalah Sistem Informasi Cerdas.

A. Sistem Informasi Menurut Level Organisasi

Berdasarkan Level Organisasi, Sistem Informasi dikelompokkan menjadi:

  1. Sistem Informasi Departemen
    adalah sistem informasi yang hanya digunakan dalam sebuah departemen. Contoh, Aplikasi pemantau kinerja pegawai yang digunaka departemen SDM.
  2. Sistem Informasi Perusahaan
    adalah sebuah sistem terpadu yang dapat dipakai sejumlah departemen bersama-sama Contoh, sistem informasi perguruan tinggi.
  3. Sistem Informasi Antarorganisasi
    adalah Sistem informasi yang menggabungkan dua organisasi atau lebih. Contoh, sistem informasi reservasi pesawat terbang.

B. Sistem Informasi Fungsional

Berdasarkan area fungsional tersebut, dikenal sistem informasi fungsional, yaitu sistem informasi yang ditujukan untuk memberikan informasi bagi kelompok orang yang berada pada bagian tertentu dalam perusahaan. Sistem informasi fungsional yang umum adalah :

  1. Sistem Informasi Akuntansi
    Merupakan kumpulan sumber daya yang dirancang untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi. Sistem Informasi ini merupakan jenis yang paling tua dan paling banayak digunakan dlm bisnis.
  2. Sistem Informasi Keuangan
    Digunakan untuk mendukung manajer keuangan dalam pengambilan keputusan mengenai keuangan perusahaan dan pengalokasian serta pengendalian sumber daya keuangan dlm perusahaan.
  3. Sistem Informasi Manufaktur
    Merupakan sistem yang mengendalikan seluruh kegiatan terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa.
  4. Sistem Informasi Pemasaran
    Merupakan sistem yang menyediakan informasi mengnai pemasaran serta medukung keputusan terkait bauran pemasaran
  5. Sistem Informasi SDM
    Merupakan sistem informasi yang terkait dengan pengelolaan SDM Perusahaan

C. Sistem Informasi Berdasarkan Dukungan Tersedia

Berdasarkan dukungan yang diberikan kepada pemakai, sistem informasi yang digunakan pada semua area fungsional dalam organisasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

  1. Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing System/TPS)
    Karakteristik Sistem Informasi ini adalah Jumlah data yang diproses sangat besar, Sumber data umumnya internal dan keluaran terutama dimaksudkan untuk pihak internal, Pemrosesan informasi dilakukan secara teratur; harian, bulanan, dsb, Kapasitas penyimpanan besar, Kecepatan pemrosesan yang diperluka tinggi karena volume yang besar, Umumnya memantau dan mengumpulkan data masa lalu, Masukan dan keluaran terstruktur, Komputasi tidak rumit (matematika sederhana atau operasi statistik), Memerlukan kehandalan yang tinggi, dan Pemrosesan terhadap permintaan merupakan suatu keharusan. TPS terbagi 2, yaitu Batch Processing merupakan Transaksi ditumpuk dahulu, dan kemudian diproses belakangan dan Online Processing yaitu Transaksi diproses pada saat itu juga.
  2. Sistem Informasi Manajemen (Management Information System/MIS)
    Karakteristik MIS adalah Beroperasi pada tugas-tugas yang terstruktur, yakni pada lingkungan yang telah mendefinisikan hal-hal berikut secara tegas dan jelas, Meningkatkan efisiensi dengan mengurangi biaya
    Menyediakan laporan dan kemudahan akses yang berguna untuk pengambilan keputusan tetapi tidak secara langsung. Macam-Macam laporan yang dihasilkan MIS adalah Laporan Periodis, Laporan yang dihasilkan pada selang waktu tertentu, Laporan Ikhtisar, Laporan yang mmberikan ringkasan terhadap sebuah informasi, Laporan Perkecualian, Laporan yang hanya muncul kalau terjadi kesalahan yang tidak normal, Laporan Perbandingan, Laporan yang menunjukkan dua atau lebih himpunan informasi yang serupa dengan maksud untuk dibandingkan.
  3. Sistem Otomasi Perkantoran (Office Automation System/OAS)
    Sistem ini meberikan fasilitas tugas-tuga pemrosesan informasi sehari-hari di dalam perkantoran dan organisasi bisnis. Contoh Penggunaan perangkat-perangkat yang mendukung otomasi perkantoran
  4. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System/DSS)
    DSS dbuat sebagai reaksi atas ketidakpuasan TPS dan MIS. DSS didefinisikan sebagai “Sistem berbasis komputer yang interaktif, yang membantu mengambil keputusan dgn menggunakan data dan model untuk memecahkan persoalan-persoalan tak terstruktur
  5. Sistem Informasi Eksekutif (Executive Information System/EIS)
    Sistem ini menyediakan fasilitas yang fleksibel bagi manajer dan eksekutif dalam mengakses informasi eksternal dan internal untuk mengidentifikasi masalah atau mengenali peluang
  6. Sistem Pendukung Kelompok (Group Support System/GSS)
    Sistem pendukung kelompok atau GSS suatu jenis sistem informasi yang mendukung sejumlah orang yang bekerja dalam suatu kelompok. Sistem ini mencakup penggunaan teknologi presentasi, pengaksesan basis data pada komputer, dan kemampuan yang memungkinkan peserta pertemuan dapat berkomunikasi secara elektronis
  7. Sistem Pendukung Cerdas (Intelligent Support System/ ISS)
    Sistem cerdas yang biasa dipakai dalam aplikasi bisnis adalah sistem pakar. Karakteristik ISS adalah Belajar atau memahami permasalahan berdasarkan pengalaman, Memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi-situasi baru, Mampu menangani masalah yang kompleks, Memecahkan permasalahan berdasarkan penalaran dan Menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan persoalan.

D. Sistem Informasi Menurut Aktivitas Manajemen

Berdasarkan aktivitas yang didukungnya, Sistem informasi diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Sistem Informasi Pengetahuan
    adalah sistem informasi yang mendukung aktivitas pekerja berpengetahuan. Sistem seperti ES dan OAS termasuk dalam kategori ini
  2. Sistem Informasi Operasional
    adalah sebuah sistem yang berurusan dengan operasi sehari-hari, seperti penempatan pesanana dan pembelian, dan pencatatan jumlah kerja pegawai. TPS, SIM, DSS sederhana termasuk dalam kategori ini
  3. Sistem Informasi Manajerial
    adalah sistem informasi yang menyediakan hal-hal bersifat manajerial seperti Ringkasan Statistik, Laporan Perkecualian, Laporan Periodis, Analisis Perbandingan, Proyeksi, Keputusan-keputusan rutin, Pendeteksian masalah secara dini dan Hubungan antar manajer

E. Sistem Informasi Menurut Arsitektur Sistem
Berdasarkan arsitektur sistem yang mendasarinya, sistem informasi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. Sistem Berbasis Mainframe
  2. Sistem Berbasis PC tunggal
  3. Sistem Tersebar atau Komputasi Jaringan

F. Sistem Informasi Strategis dan Geografis
Selain beberapa klasifikasi tersebut, dikenal juga Sistem Informasi Strategis dan Sistem Informasi Geografis.

  1. S.I Strategis adalah sistem informasi yang digunakan utnuk menangani masalah-masalah strategis dalam organisasi. Sistem ini sangat bermanfaat untuk mendukung operasi dan proses-proses manajemen.
  2. S.I Geografis adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi data geografis. Sistem ini dapat mengambil keputusan seperti : Mencari rute terpendek anatara dua wilayah, Mengelompokkan daerah penjualan untuk meminimalkan jarak perjalanan.

Sumber: 

  1. Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi dalam Mutiara Jannati
  2. Irani, Zahir dan Love, Peter. 2010. Evaluating Information System. Springer
  3. Olive, Antoni. 2007. Conceptual Modeling of Information Systems. Springer
  4. Kurbel E, Karl. 2008. The Making of Information Systems; Software Engineering and Management in a Globalized World. Springer
  1. 5 Maret 2020 pukul 7:02 pm

    This is my first time go to see at here and i am actually
    pleassant to read all at alone place.

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: