Beranda > Algoritma dan Metode, Informasi, Informatika, Sistem Informasi, Teknologi > Membangun Web Engineering Puzzle Research Data Mining Menggunakan Model Navigational Development Technique

Membangun Web Engineering Puzzle Research Data Mining Menggunakan Model Navigational Development Technique

aaPerkembangan Teknologi Informasi belakangan ini semakin pesat dan canggih. Hadirnya Teknologi Informasi mengubah pola pikir manusia dalam penyampaian dan penerimaan informasi. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang sangat trend dalam menemukan informasi adalah adanya situs layanan website yang menawarkan kemudahan-kemudahan dalam pengggunaannya. Website dapat menjadi media komunikasi yang mampu memenuhi kebutuhan informasi yang akurat dan realtime yang mendatangkan banyak manfaat dan efisiensi untuk penggunanya. Pemanfaatan kemajuan teknologi informasi ini selain dapat mempengaruhi tingkat kinerja dari suatu perusahaan, organisasi, adan instansi swasta atau pemerintahan juga berpengaruh besar terhadap dunia pendidikan.

Teknologi website mempunyai beberapa bentuk dan model sesuai dengan kebutuhannya diberbagai bidang. Simpel dan sistematis merupakan gambaran umum kelebihan dari sebuah website, baik secara teknik maupun berdasarkan user friendly. Konsep interaksi antara pengguna dan komputer dipadukan untuk mendapatkan sebuah kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakan sebuah sistem berbasis web. Seperti halnya konsep model pada software engineering dapat diterapkan dalam melakukan requirenment untuk membangun sebuah web.

Model yang sering ditawarkan dalam pengembangan web adalah menganut beberpa prinsip rekayasa. Perpaduan antara konsep, metode, teknik dan aplikasi memberikan keefektifan dalam menganalisis sebuah data, demikian dalam pendekatan kuantitatif yang berkaitan dengan analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, operasi dan perawatan. Dalam konsep tersebut sering dikenal dengan istilah rekayasa web atau web engineering. Rekayasa web juga melibatkan dan mengadopsi prinsip pengembangan sistem pada rekayasa perangkat lunak. Namun, web engineering bukan merupakan bagian dari software engineering begitu juga sebaliknya.

Kelebihan dari web engineering dibandingkan dengan pengembangan web biasa yaitu terletak pada prinsip requirement. Dari salah satu riset yang telah dilakukan sebelumnya oleh Powel tahun 1998, model modified waterval dan spiral merupakan model yang terbaik dibandingkan dengan model yang lain [6]. Selain itu rekayasa web juga berprinsip kepada pengembangan sebuah aplikasi yang sering dikenal dengan Web Application Development (WAD). Bagian dari proses yang dilakukan oleh WAD adalah terkait dengan teknik yang digunakan.

Pada bagian terpenting dari serangkaian proses membangun sebuah web yang terdapat prinsip web engineering adalah terkait teknik navigasi. Kemudahan interaksi biasanya ditentukan dan dipengaruhi oleh sistem navigasi dan teknik dari navigasi tersebut [10]. Navigation Development Techniques (NDT) Merupakan teknik untuk menetapkan dan menganalisis aspek-aspek navigasi di dalam aplikasi web. Secara garis besar keseluruhan proses untuk memperoleh dan menetapkan tujuan dan kebutuhan diajukan oleh NDT berdasarkan template atau pola. NDT mengklasifikasikan ke dalam beberapa kebutuhan salah satunya adalah kebutuhan informasi penyimpanan dengan memilih salah satu model yang baik, perancangan yang kurang baik dari dokumen dapat dengan mudah menampilkan masalah. Selain itu kebutuhan penyimpanan data dalam jumlah besar dan jangka panjang yang perlu diperhatikan [9]. Model NDT ini dikategorikan dalam Object Oriented Analisys and Design (OOAD).

Perkembangan kurikulum pada Program Studi Sistem Informasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau telah mengalami 3 kali revisi sejak 2005. Kurikulum 2011 yang saat ini digunakan untuk angkatan 2014-2015 kebawah dan Kurikulum KKNI yang diterapkan perdana pada tahun 2015-2016. Kedua kurikulum tersebut memiliki sebuah mata kuliah yang didalamnya terdapat analisis data, algoritma, statistik, artificial intelligence, mechine learning dan bisnis intelligence yang diberi nama data mining yang seyogyanya bukanlah mata kuliah yang baru. Seiring berkembangnya kurikulum 2011 mata kuliah ini tidak memiliki ruang publik pada Program Studi Sistem Informasi. Akan tetapi beberapa tahun terakhir, mata kuliah ini diminati oleh Mahasiswa sebagai mata kuliah pilihan pada kelompok Rekayasa. Demikian juga dengan riset-riset Mahasiswa dan Dosen beberapa belakangan ini sangat marak dan populer dengan mengangkat topik-topik data mining.

Penelitian terus dilakukan dibidang Data Mining dengan target-target yang sangat tinggi sebagai salah satu capaian keberhasilan mata kuliah tersebut serta proyeksi akriditasi yang lebih baik. Diawal Tahun Akademik 2015-2016 terbentuk sebuah perkumpulan mahasiswa yang mendalami riset pada bidang data mining yang disebut dengan Puzzle Research Data Mining. Bentuk riset yang dilakukan adalah dengan menganut prinsip paperless. Oleh karena itu, dalam implementasinya tim ini akan menggunakan sebuah aplikasi berbasis web engineering dengan model pengembangan modified waterfal yang diterapkan pada metode NDT. User grup yang terdiri dari 5 Mahasiswa akan memiliki acount dengan fungsi yang berbeda pula demikian dengan pembimbing riset yang memiliki hak akses dan fungsi berbeda. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah website sistem informasi yang akan digunakan oleh Team Puzzle Research Data Mining untuk menunjang aktivitas riset dan perkuliahan sehingga visi yang sudah ditetapkan dapat tercapai.  Sedangkan manfaat yang dihasilkan adalah website yang dibangun dapat digunakan sebagai dasar dalam membangun web engineering yang mengadopsi model NDT, penerapan paperless serta efesiensi dan efektifitas dalam social media electronic pada sebuah research group..

Create Paper by: Mustakim, Hady Eka Saputra, Suliatun, Aszani

Referensi:

[1]    Escalona MJ, Koch N. Requirements Engineering for Web Applications – A Comparative Study. Journal of Web Engineering, Vol. 2, No.3: 193-212. 2004.

[2]    Escalona MJ, Mejías M, Torres J. Developing Systems with NDT and NDT-Tool. Computer Languages and Systems University of Seville. Journal of Web Engineering, Vol. 2, No.3: 193-212. 2004.

[3]    Fedaghi SA. Developing Web Applications. International Journal of Software Engineering and Its Applications Vol. 5 No. 2. 2011.

[4]    Marlinda L dan Hamid A. Sistem Informasi Budi Daya Jamur Menggunakan Metode Web Engineering. ISSN: 2407 – 1846. 2014.

[5] Mustakim, Guntoro, Ulfa Khaira, Wisard Kalengkongan dan Hidayat. Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Seminar Mahasiswa Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Jurnal Manajemen dan Rekayasa Sistem Informasi, Vol.2, No.1, September 2015.

[6]    Proboyekti U. Rekayasa Web. Diktat Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak Teknik Informatika UKDW. 2015.

[7]    Pressman RP. Rekayasa Perangkat Lunak Edisi 7: Pendekatan Praktisi. Andi. Jogjakarta. 2010.

[8]    Rosidi Z, Suryaman N dan Jalaluddin A. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML5. Jurnal Teknika Vol. 5 No.2. 2013.

[9]    Samosir U. Perancangan Aplikasi Pembuatan Iklan Menggunakan Navigation Development Techniques (NDT). Pelita Informatika Budi Darma, Volume: V, Nomor: 1. 2013 .

[10] Simarmara J. Rekayasa Web; Analisis dan Desain Sistem, Rekayasa Informasi, Rekayasa Hypermedia, Interaksi Manusia dan Komputer, Rekayasa Kebutuhan, Data Mining dan Manajemen Proyek. Andi. Jogjakarta. 2010.

[11] Sourav M dan Mondal AC. Intelligence in Web Technology, Handbook of Research on Computational Intelligence for Engineering, Science, and Business, ch. 29, hal. 739-757. 2013.

  1. 11 November 2019 pukul 8:54 am

    Having read this I thought it was extremely enlightening.
    I appreciate you taking the time and effort to
    put this information together. I once again find myself personally spending way too much time both reading and posting comments.
    But so what, it was still worthwhile!

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: