Pendidikan

SEKOLAH DASAR

logo SDOrang bijak mengatakan ” Orang yang rajin lebih berharga daripada seorang raja “. Kalimat itu sampai sekarang menjadi panduan dan motto bagi saya yang pernah dituliskan oleh oom saya (sumadi) di kertas kartoon saat membuat kerajinan sekolah, sepayah apapun dan sesulit apapun kalau kita memiliki ilmu maka kesulitan akan menjadi mudah dan orang yang berpendidikan akan mulia serta dihargai dimanapun. Meskipun demikian pada dasarnya masyarakat Indonesia umumnya kurang memperhatikan betapa pentingnya ilmu pengetahuan tersebut, penyalah gunaan pendidikan merupakan hal terbesar pada kalangan remaja saat ini. Saat ini Sekolah dijadikan sebagai ajang atau tempat melakukan maksiat, transaksi narkoba, pelecehan seksual dan sebagainya.

Berbeda dengan keadaan dahulu keadaan dalam sebuah desa kecil yang menjadi tempat menuntut ilmu bagi saya, disana terdapat tiga buah SD, empat buah MDA dalam satu desa. Pendidikan disana dapat dikatakan minim sekali yang disebabkan beberapa faktor :lokasi, fasilias maupun pola pikir masyarakatnya dan faktor dari pemerintahan setempat yang kurang memperhatikan pendidikan. Padahal dari desa tersebut banyak lahir orang-orang pintar, berfikir positif dan cerdas serta dapat diharapkan oleh masyarakat banyak untuk membangun desanya. Dilokasi SD selama saya sekolah sering terjadi banjir karena lingkungan geografis atau penyebab penebangan hutan sembarangan. Bersama teman-teman waktu kecil kami menuntut ilmu, merangkak menelusuri dasar tulis baca dan berhitung hingga menjadi keluar dan lulus dari sekolah tersebut, SD Negeri 041 Tempuling tercinta yang dikepalai oleh Bpk. Philipus Haryanto. Aktifitas disore hari sewaktu kecil adalah melanjutkan pendidikan keagamaan disebuah surau Miftahul Ullum yang tidak jauh dari tempat tingal saya, disitulah saya belajar mengaji, ilmu taj’wid dan segala sesuatu yang berkenaan dengan agama islam. Kala itu guru mengaji saya bernama Bpk Ust. Samsul Arifin yang kebetulan adalah pakde saya sendiri yang begitu tegas terhadap santrinya.

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

LOGO OSISPerjalanan belum selesai, lepas dari sekolah dasar tersebut saya melanjutkan pendidikan tingkat menengah yang sangat jauh dari tempat tinggal saya karena melewati tiga desa dan harus menyeberangi sungai indragiri dengan menggunakan jasa Pompong (sampan kecil yang beri mesin), mengayuh sepeda sejauh 11 km terkadang rusak dan terkadang jika hujan turun seluruh buku-buku menjadi keriting karena terkena air hujan, baju kuyup dan tubuh menggigil saya bersama teman-teman tidak pernah putus asa, dan apabila tiba waktunya pulang, terik matahari menyambut kami seakan kami semua menantangnya, dengan hati yang ikhlas dan riang saya pun dapat menyelesaikan pendidikan di SLTP N 4 Tempuling atau sekarang menjadi SMP N 1 Kempas. Indahnya bersama teman-teman menjadi sejarah dalam menuntut ilmu bagiku.

Disekolah inilah saya mendapatkan pengalaman berharga yang bukan sekerdar ilmu akademik tetapi juga keteladanan guru, kasih sayang dan kerja keras. Sering pulang hingga larut malam karena mengikuti pelajaran praktek Pertanian (dulu Gurunya Pak M. Yusuf, S.Pd) dan juga sering mengikuti tambahan pelajaran Penjas (Bpk. Rudi Hartono Lubis, S.Pd). Banyak hal-hal baru buat saya hingga perjalanan itu berakhir di tahun 2003 kami semua Tamat dari sekolah yang dikepalai oleh Ibu Dra. Iriani, MH tersebut.

SEKOLAH MENENGAH ATAS

downloadSMA Negeri 1 Tempuling terletak di kelurahan Sungai Salak merupakan tempat dimana saya digembleng ilmu pendidikan oleh guru-guru yang profesional. Kemajuan dan tingkat prestasi SMA Negeri 1 Tempuling pada saat itu sangatlah diatas dan dapat dikatakan mendapat nomor di kabupaten Indragiri Hilir. Para siswa SMA Negeri 1 Tempuling juga menjadi agenda tahunan dalam undangan mahasiswa di UNRI, UIN Suska maupun perguruan tinggi negeri lainnya. Akan tetapi kurangnya sarana informasi maupun media yang meliput maka nama SMA Negeri 1 Tempuling kurang diketaui oleh banyak orang bahkan sebagian kecil orang memandang sebelah mata terhadap SMA Negeri 1 Tempuling, mungkin karena letaknya masih di kelurahan. Sebagian orang-orang yang mengerti akan potensi SMA Negeri 1 Tempuling mereka juga mengakui bahwa SMA Negeri 1 Tempuling tadak kalah dengan sekolah-sekolah dikota yang ada di Inhil.

Ditahun itu banyak sekali prestasi yang didapat oleh SMA Negeri 1 Tempuling mulai dari segi akademis, kesenian, olahraga maupun extra lainya. Para pengajarnya pun rata-rata lulusan S1 ilmu pendidikan dan mempunyai potensi untuk bersaing dan mampu menyalurkan ilmunya dengan maksimal sebaik mungkin. ya…itulah SMA Negeri 1 Tempuling, sekolah yang dikepalai oleh Drs. Martian ini (waktu itu) dapat mengantarkan saya untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional meskipun tidak masuk nominasi, memberikan beasiswa Sampurna Foundation kepada kami bertiga (Novi, Linda dan Saya), serta prestasi-prestasi ekstrakurikuler lainnya seperti Juara Cerdas Cermat tingkat Kabupaten, Pidato dan pesantren kilat.

STRATA SATU (S1)

Logo UIN Suska RiauBeberapa tahun yang lalu tepatnya tahun 2006 adalah pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Kota Pekanbaru, yang dulu katanya adalah Kota paling besar di Riau (Ibukota Provinsi Riau). Awal pertama adalah mengikuti SPMB di Universitas Riau dan juga Test Lokal di UIN Suska Riau, yang alhamdulillah keduanya Lolos. Diawal perkuliahan saya merasa tidak cocok duduk dibangku Teknik Informatika karena beberapa sebab (pilih TIF UIN dan meninggalkan Fisika UNRI) dan ingin pindah kejurusan Pendidikan Matematika UIN suska yang akhirnya tidak bisa. Disana saya tidak bisa sama sekali Ilmu Komputer, jangankan Ilmunya menghidupkan saja tidak bisa. Ada  seorang sahabat baik saya yang selalu mengajari saya dengan gaya yang sedikit aneh (tapi dia baik sekali) dia bernama TAMIN. Inilah teman yang bener-bener baik yang sangat berjasa kepada saya.

Awal 2011 saya telah menyelesaikan pendidikan S1 di jurusan Teknik Informatika UIN Suska Riau dengan pembimbing Bpk Jasril, S.Si, M.Sc. 4,5 Lima tahun merupakan waktu yang dibilang cepat bagi saya kuliah disini (alhamdulillah diangkatan 2006 laki-laki pertama yang selesai heheh heheh). Banyak sekali hal-hal yang istimewa di S1 tersebut salahsatunya adalah pertemuah saya dengan Pujaan Hati (Istri saya Tercinta saat ini) serta ilmu yang luar biasa yang saya peroleh buat masa depan saya. dan di tahun ini pula saya diangkat menjadi Dosen Tetap Jurusan Sistem Informasi UIN Suska Riau…

STRATA DUA (S2)

ipb baruBelum banyak cerita di Bumi Jawa Barat ini Institut Pertanian Bogor (IPB), cerita yang mengesankan adalah saat pertama kalinya duduk dibangku S2 jurusan Ilmu Komputer yang dulu sewaktu SD sempat terfikir bagaimana kuliah itu kini sudah terjawab. Rela meninggalkan seorang istri (Siti Marwati, S.Pd) dan dua orang anak (Adelia Putri Erlinda dan Adli Putra Erlangga) demi mengejar cita-cita di Kota Hujan ini. Pada pertengahan Tahun 2014 dihadapkan dengan Riset/ Tesis dengan Pembimbing Bapak Dr. Ir. Agus Buono, M.Si, M.Kom dan Bapak Irman Hermadi, S.Kom, M.S, Ph.D. Alhamdulillah perjalanan panjang sudah usai dengan dinyatakannya lulus ujian tesis pada tanggal 23 Maret 2015. Kuliah yang selama ini ditempuh akhirnya berbuah manis, akhirnya saya menjadi orang pertama yang lulus di angkatan 2013 Ilkom IPB dengan waktu tempuh 19 Bulan (3 semester 1 bulan), dan alhamdulillah menurut Dekan FMIPA saya adalah mahasiswa lulusan tercepat 15 tahun terakhir. Alhamdulillah thanks to Bapak dan Ibu dikampung serta Istriku tercinta yang selalu mendoakan dan selalu memberi support kepadaku.

STRATA TIGA (S3)

Tobe continue…. (2017)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: